Alasan Mengapa Kamu Perlu SSD Hosting

Cloud hosting termurah berbasis SSD
Sumber: freepik.com

Ketika berkaitan dengan pilihan pembuatan website, maka akan terdapat banyak opsi mengenai SSD hosting dan sebagai pelanggan perlu memahami alasan harus menggunakan penyimpanan non-HDD. Hal itu akan langsung berkaitan dengan kemampuan akses website kamu. Pastinya kamu tidak ingin website yang dikelola menjadi lemot loadingnya bukan.

Ada banyak alasan lain yang perlu menjadi pertimbangan kamu ketika akan berlangganan hosting website. SSD hosting tersebut juga memiliki spesifikasi masing-masing di setiap paket. Kamu akan bisa mengetahui seluruh peranan SSD tersebut dan mengetahui alasan mengapa harus menggunakan teknologi yang satu ini.

Mekanisme Kerja SSD

Pada dasarnya Solid-State Drive memiliki bentuk yang mirip dengan HDD. Berbentuk panjang dan perbedaan yang nyata hanya terletak pada ukuran Solid-State Drive yang lebih kecil. Namun kedua perangkat tersebut memiliki spesifikasi yang berbeda jauh.

Di dalam sebuah Solid State Drive terdapat chips kecil semikonduktor yang berguna dalam menyimpan data. Jadi perangkat ini sudah tidak lagi menggunakan magnet sebagai media untuk menulis maupun membaca data. Semua komputer yang beredar di masyarakat sekarang sudah menggunakan chips kecil semikonduktor tersebut. 

Ketika listrik mati tiba-tiba dan SSD tidak mendapatkan listrik, maka data yang tersimpan tidak akan hilang. Data yang disimpan tetap akan berada dalam chips tadi, karena sifatnya yang non-volatile memory.   

Alasan Perlu Menggunakan SSD Hosting

Kamu sudah memahami cara kerja dari SSD yang berfungsi sebagai media penyimpan data. Kini saatnya untuk mengetahui alasan mengapa harus menggunakan teknologi yang satu ini.

1. Memiliki Kecepatan Operasi Data yang Tinggi

Kecepatan adalah salah satu faktor yang penting ketika memberikan layanan kepada klien melalui website. Proses transfer data dengan menggunakan teknologi ini dilakukan secara lebih cepat, karena memang tidak ada komponen yang bergerak di dalamnya. Kecepatan data tersebut biasanya ditunjukkan dengan nilai IOPS.

Solid State Drive mampu mencapai kecepatan sampai dengan 75.000 IOPS dimana Hard Disk Drive hanya mampu mencapai 80 – 180 IOPS saja. Kecepatan ini akan langsung berdampak pada loading menuju ke website pada saat didatangi oleh pengunjung. Waktu loading yang singkat dapat membuat pengunjung tertarik untuk berdatangan ke sebuah website. 

2. Menawarkan Keamanan Data

Tidak adanya bagian komponen elektronik yang bergerak membuat Solid State Drive memiliki umur pemakaian yang lebih lama. Ini sangat berbanding terbalik dengan HDD yang memungkinkan terjadinya komponen yang bergerak mengalami aus. Dengan kata lain tingkat keamanan data yang disimpan dalam SDD lebih baik daripada HDD.

Suhu dalam kumparan listrik dalam perangkat yang tidak bergerak lebih stabil dan tidak cepat panas. Ini memungkinkan proses transfer data tetap berjalan lancar, tanpa perlu mendinginkan perangkat. Kamu tidak lagi perlu takut akan mengalami kehilangan data saat melakukan transfer data.

3. Kemudahan Akses Data

Teknologi ini bisa disediakan ke pelanggan dalam bentuk SSD cloud, sehingga pelanggan sama sekali tidak perlu menyediakan ruang khusus guna menyimpan data. Jadi data dapat disimpan ke suatu cloud yang artinya data tersebut juga akan bisa diakses dari mana saja. Ini memungkinkan penggunanya untuk bisa mengakses data dari mana saja dan kapanpun selama ada internet.

Website pelanggan juga tidak akan mengalami downtime ketika perangkat penyimpanan data rusak. Hal itu dapat terwujud berkat adanya server khusus yang mewadahi data tersebut. Ini bisa menjadi solusi yang tepat bagi seluruh UMKM maupun wirausaha pemula yang ingin berjualan di internet atau menyimpan data melalui jaringan internet.

4. Mendapatkan Proteksi DDoS

Kamu mungkin akan berpikiran bahwa menyimpan data melalui server akan menjadi rentan terhadap serangan hacker. Pemikiran tersebut memang ada benarnya, tetapi itu terjadi saat perlindungan yang dipakai sudah ketinggalan jaman. Penyedia layanan hosting yang baik akan memberikan proteksi DDoS kepada pelanggannya dan mereka selalu melakukan update proteksi itu. 

Semua penyedia layanan perlu untuk waspada terhadap adanya serangan DDoS terhadap server mereka. Walaupun memang serangan DDoS memang tidak akan sampai mencuri data pribadi targetnya, tetapi akan membuat server kewalahan dengan menangani request yang berlebihan. Itu bisa menyebabkan crash pada server dan ini bisa sangat merugikan perusahaan, karena waktu adalah uang bagi mereka. Itulah mengapa menggunakan SSD jauh lebih aman, karena sudah dilengkapi dengan banyak sistem keamanan server.

5. Adanya Bantuan Support

Suatu perusahaan yang tidak berlangganan suatu SSD hosting harus berjuang sendirian ketika terdapat masalah yang berkaitan dengan server atau drive mereka. Itu akan menjadi berbeda saat mereka memutuskan untuk menggunakan suatu layanan hosting. Pihak penyedia akan memberikan bantuan guna menyelesaikan masalah klien mereka.

Apabila kamu baru mulai membangun suatu website dan memulai bisnis, maka sangat disarankan untuk berlangganan Cloud hosting dengan SSD termurah. Setiap kali website mengalami masalah, kamu akan bisa meminta bantuan dari tim support yang menyediakan layanan website kamu. Ini bisa benar-benar menjadi solusi instan, sehingga bisa mengurangi masalah yang bisa dihindari.


Post a comment

0 Comments