Hal-Hal Sederhana untuk Stimulasi, Memelihara, dan Berkomunikasi dengan Anak

merangsang kreatifitas tumbuh kembang anak emawdewi
Sangat mudah untuk mengalihkan perhatian anak kecil dari rewel dan menangis. Saya yakin Anda telah melakukannya ribuan kali. Jika seorang bayi menggeliat dan gelisah, kita hanya perlu memberi perhatian dengan menggoyangkan tubuhnya, seketika keadaan bayi akan kembali membaik. Namun, seiring bertambahnya usia seorang anak, metode perhatian juga ikut berubah.

Tentu, Ada cara lain dalam menghadapi masalah anak, misalnya melambaikan benda-benda mainan di depan mereka, tetapi jika itu dilakukan terlalu sering justru akan berdampak fatal. Daripada hanya memiliki anak yang pemarah dan bosan, Anda juga memiliki anak yang kelebihan berat badan.

Ada begitu banyak kegiatan yang merangsang untuk anak dalam masa tumbuh-kembang saat ini, dari buku yang sesuai usia, hingga permainan komputer yang mudah dan mengajarkan warna, alfabet, angka, dan banyak lagi hal-hal lainnya.

Di antara sekian banyak kegiatan, salah satu hal terbaik yang dapat bisa lakukan untuk anak kecil Anda adalah membacakan cerita. Penelitian telah menunjukkan dampak besar pada otak kecil mereka dan bagaimana hal itu memicu kemampuan mereka, dan yang lebih penting, keinginan untuk membaca dan belajar.

Stimulasi anak dengan cara yang benar adalah langkah terbaik untuk membantu mereka berkembang secara intelektual, tetapi Anda juga harus menjaga agar mereka tetap terstimulasi secara fisik. Ini bertujuan untuk menghindari pertumbuhan fisik mereka dari obesitas. Lantas, bagaimana hal-hal itu dapat dilakukan? Berikut ulasannya.

Menstimulasi pikiran dan tubuh Anak Anda

Jika si kecil bosan, jangan katakan pada mereka untuk melihat apakah kartun favorit mereka ada di TV - bacakan sebuah buku untuk mereka! Jika mereka bertindak rewel, mungkin mereka membutuhkan aktivitas fisik. Bawa mereka berjalan-jalan, bersepeda, atau bermain di taman terdekat.

Anak-anak kecil suka bermain game dan ada banyak permainan belajar yang tersedia sekarang. Manfaatkan juga perkembangan teknologi dengan tetap melakukan pengawasan dalam penggunaanya. Intinya, kalahkan kebosanan dari anak kecil dengan menghabiskan waktu bersama mereka dan menjadi contoh yang baik dalam membaca dan dalam aktivitas fisik.

Perkaya Pengalaman dan Kehidupan Si Kecil

Anak-anak kecil menikmati berbagai hal, dari taman bermain, tarian hingga buku dan kartun. Itu merupakan ide yang baik untuk memperkenalkan anak-anak kecil ke seni sejak dini. Jika Anda dapat menumbuhkan kecintaan pada teater, balet, dan musik yang bagus di dalam diri mereka, itu akan berlanjut hingga dewasa.

Mencari informasi dan melihat apakah daerah Anda memiliki perkumpulan teater anak-anak misalnya, bisa menjadi langkah sederhana untuk mengenalkan anak pada aktivitas di lura rumah yang baik bagi pertumbuhannya. Sesekali bawa anak Anda ke sana dan saksikan kekaguman di wajah mereka ketika mereka melihat beberapa kisah favorit mereka menjadi hidup.

Atau misalnya, mendaftarkan anak Anda di kelas musik atau tari akan menanamkan dalam diri mereka cinta akan gerakan, ritme, dan postur yang baik. Ada begitu banyak kegiatan yang baik dan layak untuk Anda bagikan kepada anak-anak Anda sehingga tidak pernah ada alasan bagi mereka untuk mengatakan bahwa mereka bosan.

Orangtua dan Anak Bekerja Bersama

Ketika orang tua membantu anak-anak mereka belajar membaca, Anda telah membantu membuka pintu ke dunia baru. Sebagai orang tua, Anda dapat memulai rantai pembelajaran tanpa akhir: Anda membaca untuk anak-anak Anda, mereka mengembangkan kecintaan akan cerita dan puisi, mereka ingin membaca sendiri, mereka berlatih membaca, dan akhirnya mereka membaca untuk informasi atau kesenangan mereka sendiri. Mereka menjadi pembaca, dan dunia mereka selamanya diperluas dan diperkaya.

Membantu anak Anda menjadi seorang pembaca adalah sebuah petualangan yang tidak akan Anda lewatkan. Manfaatnya bagi anak Anda tidak terukur, dan dalam prosesnya Anda akan menemukan dunia Anda menjadi lebih kaya juga.

Mendorong Imajinasi dan Keingintahuan Anak

Cara terbaik bagi anak-anak untuk belajar adalah dengan mengajukan pertanyaan. Setiap anak memiliki keingintahuan alami dan imajinasi mereka sendiri. Sebagai orang tua, atau pengasuh, Anda dapat membangunkan anak-anak Anda untuk kegembiraan belajar dengan mendorong imajinasi dan keingintahuan mereka.

Banyak aktivitas yang dapat mengembangkan daya imajinasi dan keingintahuan anak. Ketika kedua hal ini terdorong dengan baik, kita sebagai orang tuan hanya perlu menstimulasi itu dengan aktivitas-aktivitas yang terarah. Misalnya:

  • Mengambil mainan tidak harus menjadi tugas yang Anda takuti, alih-alih menjadikannya permainan penyortiran; sortasi atau menghitung adalah fungsi utama dalam matematika dan sains.
  • Biarkan anak Anda membantu Anda memasak makanan - memasak tidak hanya melibatkan matematika dan sains tetapi juga kesehatan yang baik, terutama dalam merangsang pertumbuhan fisik Anak.
  • Ceritakan kisah bersama - Seperti yang sudah di ulas di atas, bercerita adalah dasar untuk membaca dan menulis. Dengan melakukan berbagai hal bersama, Anda akan menunjukkan bahwa belajar itu menyenangkan dan penting. Anda akan mendorong anak Anda untuk belajar dan menaruh dasar penting bagi anak dalam melihat pendidikan.


Hal-Hal Dasar yang Harus dihindari ketika Merangsang Kreativitas Anak

Orang tua memiliki pengaruh yang sangat besar dalam merangsang kreativitas anak-anak mereka. Namun, kadang-kadang orang tua tidak menyadari bahwa mereka membatasi anak-anak mereka untuk mengembangkannya.

Contoh singkat dari kasus ini adalah orang tua sering ingin agar anak mereka menjadi anak yang baik seperti yang mereka inginkan, tetapi mereka sering membuat beberapa aturan yang membatasi anak untuk mengeksplorasi banyak hal. Sementara itu, kreativitas sangat penting bagi anak-anak untuk merangsang ekspresi mereka, untuk membuat mereka lebih bahagia dan lebih sehat, dan untuk meningkatkan kualitas hidup mereka di masa depan.

1. Menghiraukan Kemampuan si Kecil

Hal pertama yang harus Anda hindari dalam merangsang kreativitas anak-anak Anda adalah menghiraukan kemampuan mereka. Sebagai contoh, Anda mungkin menemukan anak-anak Anda menggambar rumah dengan atap berwarna merah muda.

Jangan menempatkan mereka dalam kondisi yang salah atau mengatakan bahwa atap tidak boleh berwarna merah muda. Biarkan mereka memperluas imajinasi mereka, karena imajinasi yang baik membuat anak-anak Anda juga memiliki kreativitas yang baik.

2. Jangan Larang Kegiatan dan Jelajah Anak

Hal kedua yang tidak boleh Anda lakukan pada Anak adalah melarang kegiatan mereka. Dukung anak-anak Anda untuk mencapai apa yang mereka inginkan tanpa memaksa mereka. Anda tidak boleh melarang anak-anak Anda untuk mengikuti kontes bernyanyi meskipun Anda tahu bahwa suara mereka tidak terlalu bagus. Meskipun mereka tidak menjadi pemenang, mereka tahu bahwa orang tua mereka mendukung apa yang ingin mereka lakukan.

3. Membatasi Fasilitas Anak 

Sering sekali saya menemui orang tua yang membatasi fasilitas anak hanya karena perkiraan bahwa anak belum membutuhkannya. Anda bisa menyediakan beberapa fasilitas sederhana seperti buku gambar, krayon, gunting, lem, atau kertas lipat berwarna-warni. Jika memungkinkan, Anda bisa menyediakan ruang tertentu yang dirancang khusus sebagai ruang bermain mereka.

Yang lebih penting adalah Anda juga harus menyediakan waktu untuk menemani dan membimbing mereka. Ketika mereka selesai dengan kegiatan, Anda dapat meminta mereka untuk merapikan kembali mainan mereka untuk dimasukkan ke lokernya. Tentunya, itu akan menjadi kebiasaan yang baik untuk anak-anak Anda.

4. Menekan Rasa Keingintahuan Anak

Kasus ini juga sering terjadi, banyak anak-anak yang dalam masa pertumbuhan dan membutuhkan stimulasi yang tepat di tekan oleh orang tuannya. Akhirnya, banyak pengalaman-pegalaman menarik yang terkewatkan. Membiarkan mereka memiliki pengalaman baru adalah hal yang penting. Ajak saja mereka untuk mengunjungi beberapa tempat yang belum pernah mereka kunjungi sebelumnya, seperti kebun binatang, taman hiburan, museum, dan sebagainya.

Anda tidak perlu menunggu acara khusus seperti liburan musim panas. Mintalah mereka untuk pergi di akhir pekan. Mengunjungi tempat baru akan sangat membantu untuk meningkatkan imajinasi dan keingintahuan mereka. Selain itu, ini juga berguna dalam meningkatkan komunikasi yang baik antara Anda dan anak-anak Anda.

Kasih Sayang dan Stimulasi pada Anak

Menerapkan dukungan dan larangan melalui bahasa yang sederhana dan perasaan adalah cara yang baik untuk merangsang dan mengasuh anak Anda. Gunakan kata-kata untuk menggambarkan bagaimana menurut Anda perasaan anak Anda. Menempatkan kata-kata pada perasaan akan membantu anak Anda mengekspresikan perasaannya.

Ini adalah keterampilan seumur hidup yang akan bermanfaat bagi harga diri dan pikiran anak Anda tentang dirinya sendiri. Dengan kemampuan untuk menggunakan kata-kata, frasa, dan kalimat, anak Anda memperoleh penguasaan lingkungannya dengan mengekspresikan kebutuhannya dan memahami kebutuhan orang lain.

Anak Anda adalah penjelajah alami. Ada banyak cara untuk membantu anak Anda mengembangkan rasa sentuhan dan stimulasi, yang membantu perkembangannya secara keseluruhan. Setiap anak suka menyentuh, merasakan, meraih, memelintir, menggigit, dan menarik apa pun yang berada dalam jangkauan mereka. Memberi anak Anda hal-hal yang aman untuk dimainkan dan disentuh membantu koordinasi mata-tangan dan perasaan eksplorasi mereka.

Merangsang, mengasuh, dan berkomunikasi dengan anak Anda sejak hari kelahirannya menciptakan upaya sadar untuk mendorong anak Anda menemukan kehidupan yang menyenangkan  Perkembangan fisik, intelektual, bahasa dan sosial dan emosional anak Anda tergantung pada interaksi Anda dengan anak Anda.

Anda adalah orang yang paling ditiru oleh anak Anda sepanjang hidupnya. Jadi, berikan anak Anda awal terbaik dalam hidup dengan memberikan lingkungan yang penuh kasih sayang, menstimulasi, peduli, dan memberikan kesan: "Aku mencintaimu dan menginginkan yang terbaik untukmu."

Post a comment

0 Comments