Pentingnya Laporan Keuangan dalam Usaha

BukuKas. emawdewi
Menyusun laporan keuangan merupakan hal lumrah yang sudah seharusnya dilakukan setiap pelaku usaha. Adapun tujuan disusunnya laporan keuangan tidak lain ialah untuk menganalisis secara lebih real tentang kesehatan sebuah usaha.

Jika ditemukan suatu persoalan di bagian keuangan maka bisa dengan cepat dicarikan solusi terbaik untuk mengatasinya. Selain itu banyak alasan lagi mengapa laporan keuangan perlu dibuat. Agar lebih jelas berikut informasinya.

Membuat Perencanaan Usaha Lebih Optimal

Pentingnya perencanaan dalam sebuah usaha ialah membuat perencanaan usaha menjadi lebih optimal. Laporan keuangan secara langsung bisa membuat perencanaan bisnis menjadi optimal. Dengan begitu modal yang tersedia bisa dimanfaatkan secara efektif dan efisien.

Tidak hanya itu catatan yang lengkap juga membuat arus keuangan akan lebih rinci tercatat. Laporan ini kemudian bisa dijadikan patokan dalam merencanakan langkah berikutnya untuk menyusun strategi baru supaya bisnis maupun usaha tetap inovatif dan mempunyai terobosan terbaru.

Dapat Mengetahui Kondisi Finansial Suatu Usaha

Melalui pencatatan keuangan tentu saja akan membantu sebuah usaha untuk melakukan diagnosis kegiatan bisnis. Bahkan pencatatan keuangan diyakini bisa membuat masukan lebih meningkat dari waktu ke waktu. Pelaku usaha dapat membandingkan kondisi finansial usahanya yang sekarang dengan yang telah lalu.

Ini bisa dilakukan lebih mudah dengan bantuan aplikasi akuntansi gratis. Apabila berdasarkan hasil analisis tidak ditemukan peningkatan yang signifikan maka pelaku usaha bisa menelusuri biaya-biaya apa yang kedepannya bisa dipangkas guna mengefektifkan pengeluaran.

Mempermudah Proses Kredit Bank

Suatu bisnis yang berkembang suatu saat akan butuh dana tambahan supaya bisa meningkat. Pelaku usaha yang menyusun laporan keuangan secara rinci dan sistematis akan lebih mudah untuk mengajukan pinjaman ke pihak bank.

Laporan keuangan biasanya juga menjadi salah satu persyaratan untuk mengajukan pinjaman karena bisa menjadi bukti sehat atau tidaknya bisnis yang sedang dijalankan. Dengan demikian, pihak bank dapat memberikan penilaian apakah bisnis layak untuk menerima pinjaman atau tidak.

Dapat Menghitung Pajak yang Harus Dibayar

Hal yang tidak kalah penting dari adanya laporan keuangan ialah mengetahui pajak yang harus dibayar. Sebagai pelaku usaha tentu ada kewajiban untuk membayar pajak tepat waktu. Hal ini akan dibebankan saat usaha yang dijalankan sudah kena wajib pajak.

Melalui laporan keuangan yang terisi dengan baik tentu besarnya pajak yang harus dibayarkan dapat diketahui secara jelas. Untuk itulah hal terpenting yang harus dipastikan adalah membuat laporan keuangan suatu usaha seefektif dan seefisien mungkin dengan meminimalkan kesalahan atau human error.

Salah satu alternatif yang bisa dipakai untuk itu ialah menggunakan aplikasi akuntansi untuk menyusun laporan keuangan.

Dari banyaknya aplikasi akuntansi yang disediakan, mulai dari aplikasi akuntansi gratis hingga berbayar bisa dipilih. Perhatikan ialah fitur-fitur yang diberikan. Banyak aplikasi yang gratis tetapi fiturnya tidak selengkap kualitas premium. Tetapi sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi karena sudah ada aplikasi akuntansi gratis BukaKas yang memiliki fitur lengkap layaknya aplikasi yang premium.

Fitur-fitur mulai dari laporan keuangan, catatan pemasukan, catatan pengeluaran, hutang-piutang multibook hingga kartu nama digital bisa kamu dapatkan. Tunggu apalagi saatnya kamu menggunakan BukuKas untuk menyusun laporan keuangan dengan lebih baik.

Post a comment

0 Comments