Saturday, 8 December 2018

Telaga Sarangan via Solo: Sejarah dan Keindahan

Telaga Sarangan via Solo: Sejarah dan Keindahan
Ada yang pernah denger tentang legenda Telaga Sarangan? Legenda yang menceritakan tentang Kiai Pasir dan Nyai Pasir yang berubah jadi naga dan membuat cekungan yang dalam dan luas yang pada akhirnya menimbulkan air keluar dari tanah. Cerita ini berlatar belakang di lereng Gunung Lawu bagian timur. Menarik bukan ceritanya? Terlepas dari legenda tersebut, tinggallah sekarang sebuah telaga yang sangaaaat indah. Bisa bayangin ngga si kamu liat luasnya telaga dengan latar belakang gunung Lawu dan perbukitan disekitarnya.
Telaga Sarangan, magetan, Surakarta, Solo, Wisata, Travel, Solo Raya, Wisata sekitar solo dan magetan
Disini aku mau share gimana caranya pergi ke telaga Sarangan lewat Solo. Kok Solo? Iyaaa soalnya aku tinggal di Solo sekarang, ok maaf ini agak ngga penting ya infonya haha. Lanjut lagi, waktu tempuh buat pergi ke telaga Sarangan dari kota Solo sekitar 1 jam 30 menit aja, deket banget kan? Dalam dua jam kita udh bisa lintas provinsi.

Btw, telaga Sarangan ini ada di ketinggian 1200 mdpl lereng Gunung Lawu, Magetan, Jawa Timur. Jadi, aku mulai perjalanan dari Kota Solo – Kab. Karanganyar – Kab. Tawangmangu – Kab. Magetan. Jangan khawatir buat yang ngga hafal jalan, karena sekarang udah ada google maps yg siap bantu asalkan punya kuota haha

Disepajang jalan menuju Sarangan ini, aku liat banyak banget spot wisata yang bisa di jadiin tempat istirahat sekaligus foto-foto buat stok IG ya kaaan. Sesampainya di telaga kita disambut oleh bapak-bapak petugas karcisnya. Harga karcis masuk untuk dewasa itu IDR 20.000 untuk dewasa dan IDR 15.000 untuk anak-anak, tapi untuk low season suka ngga ada yang jaga loketnya, jadi kita bisa langsung masuk dan parkirin kendaran tepat di tepi telaganya.
Maps Telaga Sarangan
Asli deh telaganya indah banget, bisa deh tuh buat relaksasi mata dan bikin betah buat duduk-duduk lama sambil sekedar menikmati semangkuk bakso dan teh botol Sosro. Untuk yang suka permainan pemacu adrenalin, pihak telaga juga nyiapin beberapa Speed Boat untuk disewa buat keliling telaganya. Harga satu Sped boatnya IDR 60.000.

Di tengah telaga, biasanya yang mengendarai speedboat ini berhenti dan mengambil foto orang-orang yg ada di atasnya. Buat yang punya waktu lebih longgar, bisa coba nginep di hotel dekat telaga,pasti deh seneng banget pagi-pagi bangun tidur pemandangannya sebegitu indahnya. Jadi, itulah cerita tentang jalan-jalan aku ke telaga Sarangan. Kita ketemu lagi di post jalan-jalan lainnya yaa…

Bonus foto dari penulis
Telaga Sarangan, magetan, Surakarta, Solo, Wisata, Travel, Solo Raya, Wisata sekitar solo dan magetan

No comments:

Post a Comment

Profil

M. Taufiq Nur
Ema Wilianti Dewi Educator
"Read then you'll understand everything better".

Langganan