Candi Cetho: Candi di Lereng Gunung Lawu

Candi Cetho: Candi di Lereng Gunung Lawu.
Untuk kalian yang sedang berada di Solo atau berencana pergi ke Solo dan udah pernah berwisata ke dua keraton dan banyak pasar di kota ini ngga ada salahnya kalau berjalan sedikit jauh ke kabupaten Karanganyar. 
Candi Cetho: Candi di Lereng Gunung Lawu. emawdewi
Kabupaten karangayar menawarkan wisata sejarah sekaligus wisata alam yang menarik. Yang paling terkenal saat ini adalah Grojogan sewu yang berada di Tawangmangu, tetapi kalau kita belok ke kiri sebelum ke arah grojogan sewu ada tempat wisata yang ngga biasa, yaitu candi Cetho, sebuah candi di lereng gunung Lawu.

Buat yang ngga tau daerah Solo atau Karangayar ngga perlu khawatir, karena sekarang ada Google Maps yang siap memandi kita sampai ke tempat tujuan. Sepanjang jalan menuju candi Cetho kita akan disambut oleh hamparan kebun teh yang luas di kanan kiri jalan. 

Semakin tinggi semakin terlihat juga indahnnya karpet terasering sebagai obat lelah. Dibalik pemandangan yang begitu indah, kita harus waspada dgn jalanannya. Sebaiknya sebelum berangkat, kita cek dulu keadaan kendaraan yang akan kita pakai.

Jalanan gunung yang terus naik dan jalan yang tidak begitu luas ngga jarang bikin beberapa kendaraan yang kurang prima ngga bisa naik dan terpaksa harus menurunkan muatan.

Candi Cetho benat benar berada di tempat paling atas dan tepat di lereng gunung lawu, sampai-sampai candi ini juga merupakan jalur pendakian untuk menuju gunung lawu. Sesampainya di candi kita hanya perlu memarkirkan kendaraan kita dan langsung jalan menuju loket. Untuk bisa masuk ke areal candi, tidak ada ketentuan besaran tiket masuk alias seikhlasnya. Setelah membayar kita diminta untuk memakai kain yang dililitkan di pinggang, sseperti di Candi Borobudur.

Candi Cheto masih digunakan sebagai tempat ibadah sehari-harinya, ada baiknya setiap pengunjung menjaga sikap untuk menghormati tempat ibadah dan orang-orang yang sedang beribadah di dalamnya. Oh iya, ada juga peraturan-peraturan yang tidak boleh dilakukan oleh pengunjung candi ini. Peraturan ini tertulis tepat sebelum gebang masuk candi.

Pengalaman saya berwisata ke candi ini sangatlah menarik. Puas memandangi keindahan alam pegunungan sekaligus takjub melihat peninggalan sejarah yang masih terawat meski terus termakan zaman. Untuk yang ingin pergi ke candi Cetho, enjoy your trip!!!

Post a Comment

0 Comments